Help You to Success

.

Minggu, 10 November 2013

Tips Menyusun dan Membuat Paragraf

     Secara sederhana, Paragraf adalah kumpulan atau kesatuan kalimat yang saling melengkapi untuk menjelaskan sebuah topik / gagasan / ide (koheren). Umumnya, dalam sebuah paragraf terdiri dari kalimat inti dan kalimat penjelas. Namun, dalam penulisan karya tulis saat ini juga dijumpai sebuah paragraf yang berisi kalimat penjelas saja atau bahkan kalimat inti saja. Untuk jumlah kalimat dari sebuah paragraf sendiri sebenarnya tidak dibatasi, namun hendaknya terdiri dari 2 atau lebih kalimat, disesuaikan dengan penjelasan dari kalimat inti.
     Paragraf merupakan sebuah komponen dalam sebuah karya tulis. Dapat dibayangkan, apabila paragraf dalam sebuah karya tulis tidak ada, maka pembaca akan sulit memahami makna dari tulisan karena buramnya kalimat yang menekankan pada ide / gagasan dan penjelasannya. Adanya paragraf sendiri juga untuk memudahkan penulis untuk menghantarkan ide / gagasannya dalam sebuah karya tulis. Adanya Paragraf, membuat penulis dapat menyampaikan ide / gagasannya secara sistematis.
Bagi sebagian besar penulis baik pemula maupun profesional, membuat paragraf yang membentuk sebuah kesatuan, kepaduan, lengkap serta urut sangat sulit. Apalagi memulai sebuah kalimat dalam paragraf. Sehingga disini, Dokter Skripsi mencoba memberikan sedikit tips tentang cara memulai menulis dan menyusun sebuah paragraf yang biasa dilakukan oleh para konsultan Dokter Skripsi:
 
1. menyusun kerangka atau alur pikir paragrafmenyusun kerangka atau alur pikir paragraf merupakan tahap yang perlu dilakukan dalam menyusun sebuah paragraf. kerangka atau alur pikir paragraf perlu dibuat terlebih dahulu agar tulisan yang kita buat tidak menyimpang dari apa yang kita inginkan dan tertata secara runtut dan sistematis. Kerangka atau alur pikir paragraf dapat dimulai dengan kalimat umum maupun kalimat khusus. Contoh, apabila saya ingin menyusun paragraf tentang kekayaan Indonesia dimulai dari kalimat umum :
"Dunia internasional menyebut Indonesia sebagai negara megabiodiversity. Hal ini dikarenakan, Indonesia memiliki anekaragam hayati baik flora maupun fauna. keanekaragaman hayati Indonesia tersebar dari sabang hingga merauke. Jumlah spesies yang tercatat pun lebih baynyak dari negara lainnya, yaitu 1.237 spesies."
Sedangkan, apabila dimulai dari kalimat khusus adalah :
"Indonesia memiliki jumlah spesiesflora dan fauna  sebanyak 1.237 spesies. Jumlah tersebut sangat banyak apabila dibandingkan dengan jumlah spesies yang ada di negara lain. jumlah spesies yang tersebar dari sabang hingga merauke tersebut membuat dunia internasional menobatkan Indonesia sebagai negara megabiodiversity."

Dari contoh diatas sebenarnya hanya merubah letak kalimat dan merubah sedikit susunan katanya. Inti dari keinginan mengenai kekayaan hayati Indonesia saya perjelas dengan kalimat-kalimat pendek yang meyakinkan pembaca mengenai kekayaan hayati Indonesia. Kalimat penjelas tersebut dapat kita jabarkan dari ide kalimat dari kerangka atau alur pikir paragraf atau dari data yang kita dapat.
 
2. metode ATM (Amati Tiru Modifikasi)
Sebelumnya, jangan berprasangka plagiat dulu dengan metode yang pertama ini. Metode ATM (Tiru Amati Modifikasi) merupakan metode yang sering kita pakai atau sarankan bagi para penulis pemula. Hal ini dikarenakan, metode ATM (Amati Tiru Modifikasi) merupakan metode yang paling mudah untuk diterapkan dalam membuat sebuah paragraf.
Syarat menggunakan metode ini adalah kita harus memperkaya kosakata dan susunan kata melalui membaca. Dengan intensitas yang tinggi dalam membaca, maka akan banyak kata yang dapat kita rangkai menjadi sebuah kalimat dan kalimat menjadi paragraf. Dari kalimat atau paragraf yang kita baca, kita dapat mengolah atau merubah susunan katanya. Contoh :
"Indonesia adalah negara agraris yang memiliki lahan pertanian yang luas"
Dari kalimat diatas tersebut, kita dapat memodifikasi menjadi :
a. Lahan pertanian yang luas, membuat indonesia dijuluki sebagai negara agraris.
b. Negara agraris sangat cocok disandang oleh Indonesia, karena lahan pertaniannya yang cukup luas.

Modifikasi diatas dilakukan dengan merubah kalimat pasif menjadi kalimat aktif atau menambahkan kosakata dalam kalimat yang kita tiru.
 
3. Metode 4w+1h (what, where, who, which & how)
Mungkin bagi sebagian pembaca tidak asing dengan metode ini. Metode ini memang sering dipakai oleh para jurnalis atau wartawan dalam melontarkan pertanyaan ke narasumber. Syarat untuk menggunakan metode ini adalah menentukkan inti kalimat kita. inti kalimat dapat berasal dari kerangka atau alur pikir atau juga penjabaran dari alur atau kerangka pikirnya. Setelah inti kalimat telah kita tentukan, maka kita dapat mengeksplor melalui pertanyaan-pertanyaan yang kita kembangkan. Contoh :

Kalimat inti : "Indonesia merupakan negara agraris"
Kalimat ini dapat dikembangkan dengan :
a. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris?
b. Siapa yang mengakui Indonesia sebagai negara agraris?
c. Apa yang menyebabkan Indonesia disebut sebagai negara agraris?
d. Berapa banyak lahan pertanian yang membuat Indonesia menjadi negara agraris?

Dari pertanyaan diatas, maka kalimat inti diatas dapat menjadi sebuah paragraf seperti dibawah ini :

"Indonesia merupakan negara agraris. Hal ini dikarenakan, Indonesia memiliki lahan pertanian yang sangat luas serta mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani. Dari alasan inilah maka dunia internasional mengenal Indonesia sebagai negara agraris yang menghasilkan produk-produk pertanian. Luas lahan pertanian Indonesia pun tergolong kedalam lahan pertanian terluas, yaitu sebesar 1000 ha"

Bagaimana...cukup mudah untuk sejauh ini? jika kita kurang pas dengan susunannya, kita dapat merubah-ubah sesuai keinginan atau komposisi yang pas.
 
4. 1 Paragraf 1 Kalimat Inti     Cara yang terakhir yang dapat Dokter Skripsi berikan adalah menyusun paragraf yang terdiri dari 1 kalimat inti dan beberapa kalimat penjelas. Metode ini membuat paragraf yang kita buat semakin sistematis, urut, rinci, lengkap serta informatif, sehingga pembaca dapat mudah memahaminya. untuk contohnya dapat dilihat di contoh paragraf lengkap dibawah ini.
"     Di dunia internasional, Indonesia merupakan negara dengan sebutan mega center of biodiversity atau pusat keanekaragaman hayati dunia. Hal ini dikarenakan, Indonesia memiliki 17% spesies satwa dunia. Secara rinci Indonesia memiliki 707 spesies mamalia, 350 spesies amfibia dan reptile, serta 1.602 spesies burung. Adapun jumlah hewan khas (endemik) yang dimiliki Indonesia adalah 172 spesies amfibi, 259 spesies mamalia dan 382 spesies burung. Keseluruh jenis satwa tersebut sebagian besar hidup secara alami di 47 tipe ekosistem yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Beberapa diantaranya bahkan belum tereksplorasi secara penuh dan diperkirakan masih banyak spesies endemik yang belum ditemukan. (inti : Indonesia merupakan negara megacenter biodiversity)
     Bagi Indonesia, predikat negara kaya akan sumber daya hayati bukan hanya sebagai prestasi, melainkan juga sebuah tantangan yang besar. Ancaman kepunahan beberapa spesies akan terus mengahantui Indonesia seiring dengan maraknya perburuan dan perdagangan satwa. Dengan banyaknya spesies satwa yang hidup di Indonesia, dunia internasional mempercayakan Indonesia menjadi garda terdepan dalam pelestarian kekayaan hayati dunia. Oleh sebab itu, Pemerintah Indonesia diminta untuk mewaspadai aksi pencurian dan pemusnahan satwa yang melibatkan aktor lokal maupun internasional. (inti: tantangan predikat megacenter biodiversity)
     Sebagai bentuk tanggung jawab dalam melestarikan dan melindungi spesies satwa yang ada, pemerintah Indonesia mengaturnya dalam sebuah peraturan perundang-undangan. Pada Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3 disebutkan, “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.”. Pasal dalam perundang-undangan tersebut menjelaskan, bahwa seluruh kekayaan alam yang tercakup di Indonesia termasuk aneka ragam spesies satwa yang ada merupakan tanggung jawab negara. Ketersediaan sumber daya tersebut merupakan bagian dari kemakmuran yang akan dicapai dan menjadi faktor pendukung dalam pembangunan yang akan dijalankan. (inti: upaya Indonesia menjaga predikat mega center biodiversity)
     Secara khusus, kelestarian lingkungan yang dimiliki Indonesia diatur dalam Undang-Undang no.5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. Undang-undang tersebut dibuat untuk memberikan kejelasan dan ketegasan yang menyeluruh guna menjamin kepastian hukum bagi usaha pengelolaan dan pelestarian kekayaan hayati yang ada. Selain itu, adanya peraturan perundang-undangan ini, maka pemerintah Indonesia telah memberikan sarana perlindungan kepada semua pihak, tidak terkecuali satwa dan lingkungan hidup guna tercipta kesejahteraan sosial. (inti: fungsi undang-undang yang dibentuk pemerinta Indonesia)."

2 komentar:

  1. If you're looking to burn fat then you have to start using this brand new custom keto meal plan.

    To create this service, certified nutritionists, personal trainers, and professional chefs united to develop keto meal plans that are effective, painless, cost-efficient, and delicious.

    Since their launch in 2019, 1000's of people have already transformed their body and health with the benefits a smart keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones given by the keto meal plan.

    BalasHapus